Minggu, 15 Januari 2012

Hubungan Antara Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Kesejahteraan

llmu Pengetahuan adalah sesuatu yang paling penting bagi semua manusia di bumi ini. Manusia membutuhkan Pengetahuan, Pendidikan, dan juga Teknologi. Saat Manusia dilahirkan di muka bumi ini atau dengan kata lain ketika kami bayi, Kita Sudah dikaruniai otak Yang Pintar, Kesehatan, Kekuatan, kecerdasan, murah juga perasaan. Oleh karena itu kita harus bersyukur dengan segala sesuatu yang kita miliki. "Tidak ada yang sempurna". Menurut saya, harta yang tak ternilai harganya adalah Ilmu Pengetahuan. Manusia menjadi pintar karena apa? Karena Pengetahuan. "Pengetahuan tidak akan pernah habis tetapi pengetahuan akan selalu berkembang kapanpun dan dimanapun". Pada Dasarnya, manusia itu tidak tahu apapun tapi dengan ilmu pengetahuan kita semua jadi tahu akan sesuatu.
Apakah cukup sampai disitu saja? Tentu saja tidak. Seperti Yang Sudah Saya Katakan Ilmu Pengetahuan tadi Akan Selalu berkembang, karena itu kita harus selalu meng-upgrade otak kita dan Up to date dengan ilmu pengetahuan yang baru.
Zaman telah berubah. Pikiran kita pun juga harus berubah. Sekarang kita harus lebih memikirkan lagi tentang masa depan kita. Zaman kini telah modern, segala seseuatu di zaman ini sudah semakin mahal, baru, canggih dan juga berkualitas, termasuk ilmu dan teknologi. ” Ilmu itu sangat Mahal harganya ” . Oleh karena itu Kita Harus bayar harganya. Bayar harga dengan apa? dengan belajar dengan sungguh-sungguh. Belajar itu memang melelahkan, menguras otak dan juga pikiran tetapi hasilnya sangat berguna untuk diri sendiri dan masa depan kita. Pengetahuan membuat kita tahu mana yang baik untuk dilakukan dan tidak baik untuk dilakukan, Pengetahuan juga membuat kita tahu mana yang benar dan salah, Pengetahuan juga membuat kita lebih semangat untuk mencapai semua impian dan mewujudkannya.
Tidak Hanya ilmu yang berkembang di zaman ini, teknologi pun mengalami perkembangan Yang sangat pesat. Pesatnya kemajuan IPTEK memerlukan penguasaan, pemanfaatan, dan kemajuan IPTEK untuk memperkuat posisi daya saing dalam kehidupan global. Perkembangan IPTEK disamping bermanfaat untuk kemajuan masyarakat Indonesia juga memberikan dampak negatif.
Adapun dampak negatif dari berkembangnya IPTEK antara lain :
1. Penggunaan informasi dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan oleh pihak tertentu.
2. Kerahasiaan hasil tes semakin terancam, misalkan informasi tentang tes psikotes yang bisa diakses melalui internet, bahkan dapat memperoleh layanan tes psikotes langsung dari internet.
3. Pola interaksi antar manusia yang berubah.
4. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang tertentu dalam melakukan tindak kriminalitas.
Untuk meminimalisir dampak negatif dari penerapan IPTEK perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Menjaga keserasian dan keseimbangan dengan lingkungan setempat.
2. Teknologi yang akan diterapkan hendaknya betul-betul dapat mencegah timbulnya permasalahan di tempat itu.
3. Memanfaatkan seoptimal mungkin segala sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.
Ilmu pengetahuan, teknologi dan kesejahteraan memiliki kaitan struktur yang jelas. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua hal yang tak terpisahkan dalam peranannya untuk memenuhi kebutuhan insani. Ilmu pengetahuan digunakan untuk mengetahui “apa” sedangkan teknologi mengetahui “bagaimana”. Ilmu pengetahuan sebagai suatu badan pengetahuan sedangkan teknologi sebagai seni yang berhubungan dengan proses produksi, berkaitan dalam suatu sistem yang saling berinteraksi. Teknologi merupakan penerapan ilmu pengetahuan, sementara teknologi mengandung ilmu pengetahuan di dalamnya.
Dengan Ilmu yang dimilikinya manusia terus mengembangkan teknologi dari waktu ke waktu. Tak heran apabila sesuatu yang baru bermunculan di zaman ini. "Lebih Fleksibel, lebih Mewah, Lebih canggih, lebih cepat, dan Lebih Mahal" itulah kata-kata Yang dapat mencerminkan Dari Teknologi-Teknologi Yang ada sekarang ini. Ilmu Pengetahuan / Teknologi Pengetahuan itu saling mengisi satu sama lain atau dengan kata lain saling berhubungan. Meskipun, terdapat alat-alat di depan mata kita Canggih namun Kita Tidak memiliki Pengetahuan (seperti cara untuk menggunakannya) itu percuma saja. Atau sebaliknya, meskipun kita memiliki ilmu yang banyak tetapi kita tidak mau mempergunakannya untuk menciptakan teknologi-teknologi yang baru itu juga percuma. So, antara Pengetahuan dan Teknologi itu saling mendukung dan juga melengkapi. Banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada. Jadi, gunakanlah Ilmu-Mu untuk melakukan hal positif seperti membantu Orang lain, menciptakan sesuatu yang baru Yang bermanfaat untuk kehidupan banyak orang Serta manfaatkanlah teknologi-teknologi yang ada untuk menambah wawasan-Mu. Karena semuanya itu dapat menciptakan kesejahteraan untuk diri sendiri, dan banyak orang disekitar Anda.
Jangan katakan "Aku tidak bisa melakukannya", Tapi Anda harus ingat "tidak ada yang sempurna", setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, gunakan kelebihan Anda untuk melakukan hal-hal positif yang bermanfaat dan menutupi kekurangan Anda dengan kelebihanmu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
;