Minggu, 15 Januari 2012

Potensi Diri

Pada awalnya saya tidak tahu potensi diri saya apa dan dibidang apa potensi saya sebenernya, berhubung saya masih muda saya mencoba semua hal dari mulai olahraga, music, balapan dll, tapi sampai sekarang saya masih belum yakin apa benar itu potensi diri saya. Setelah mencoba semuanya dan mencoba bertanya kepada orang tedekat saya seperti orang tua, saudara , kaka, dan teman lalu saya menyimpukan untuk mengetahui potensi diri kita, kita harus melakukan:
1. Menyadari bidang apa saja yang saya senangi. Sesuatu yang penuh gairah dan semangat saat saya lakukan. Tanpa harus diminta atau disuruh. Anda akan melakukannya secara sukarela tanpa dibayar, bahkan anda mau mengeluarkan uang untuk apa yang anda lakukan. Seseorang yang punya hobi tertentu akan melakukannya dengan sepenuh hati.
Contohnya saya suka sekali olahraga, bermain game, mengoprek computer atau elektronik lainnya dan berfikir memecahkan masalah, saya akan mengelurakan uang seberapapun untuk berolahraga, saya tidak pernah memandang waktu mau pagi , siang atau malam kalau sudah diajak olahraga saya akan ikut walau harus bergabung dengan orang yang lebih tua dari saya, saya tidak keberatan karena saya merasa sangat senang sehabis olahraga.

2. Selanjutnya saya bertanya kepada orang terdekat. Orang yang paling tahu diri saya adalah orang terdekat. Bisa orang tua, kakak-adik, saudara, keluarga, atau teman. Merekalah yang tahu tentang diri saya dari kecil sampai dewasa. Jadi mereka tahu apa potensi diri saya. Terkadang kita tidak menyadari potensi yang kita miliki, perlu orang lain untuk membantu menyadarkan.
3. Lalu Mencoba banyak hal, mungkin dengan kita akan menemukan potensi diri yang selama ini tersembunyi.

4. Banyak membaca, melihat, bertanya dan merasakan. Dengan begitu akan banyak informasi dan pengetahuan yang bertambah. Bacaan dan tontonan yang kita sukai itu bisa jadi adalah sebuah potensi. Contohnya saya saya sangat suka membaca apa saja yang berhubungan dengan olahraga, teknologi, serta perkembangan dunia saat ini.

Potensi diri itu harus digali, Tidak ada manusia yang lahir ke dunia langsung menjadi ahli di bidang tertentu. Semua harus diraih dengan proses. Jika anda sudah tahu potensi diri anda, itulah modal kesuksesan. Jika anda bisa mengembangkan potensi anda menjadi prestasi, kesuksesan sudah menanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;