1.
AUTODESK MAYA
APA ITU AUTODESK MAYA ?
Autodesk Maya merupakan perangkat lunak
komputer grafis 3D yang berjalan pada Windows, Mac Os, dan linux. Awalanya
dikembangkan oleh Alias System Corporation dan saat ini dimiliki dan
dikembangkan oleh Autodesk, Inc. Hal ini digunakan untuk membuat aplikasi 3D
interaktif, termasuk video, game, film animasi, serial TV ataupun efek visual.
Nama Maya di ambil dari bahasa Sangsekerta yang artinya adalaha ilusi.
Maya adalah aplikasi yang digunakan untuk
menghasilkan aset 3D untuk digunakan dalam film, pengembangan televisi,
permainan dan arsitektur. Pengguna menentukan ruang kerja virtual (TKP) untuk
menerapkan dan mengedit media suatu proyek tertentu. Adegan dapat disimpan
dalam berbagai format, default-nya adalah mb (Binary Maya). Maya memperlihatkan
arsitektur grafik simpul. Elemen yang node-based, setiap node memiliki atribut
sendiri dan kustomisasi. Akibatnya, representasi visual dari sebuah adegan
didasarkan sepenuhnya pada jaringan, tergantung pada informasi satu sama lain.
Untuk kenyamanan melihat jaringan ini, ada ketergantungan dan grafik asiklik
diarahkan.
Pengguna yang adalah mahasiswa, guru atau
veteran dapat men-download versi pendidikan penuh dari masyarakat Pendidikan
Autodesk . Versi yang tersedia di masyarakat tanpa pembatasan (sekali
diaktifkan dengan lisensi produk), kecuali untuk watermark pada output
merender. Muncul dengan lisensi 36 bulan penuh. Setelah itu berakhir, pengguna
dapat masuk ke masyarakat untuk meminta lisensi 36 bulan baru.
Selain itu, lisensi mahasiswa abadi dapat
dibeli untuk Maya. Lisensi ini tidak berakhir dan versi mahasiswa dapat
ditingkatkan ke versi komersial dengan diskon yang signifikan. Hal ini dapat
digunakan bahkan setelah lulusan mahasiswa, pembatasan hanya menjadi penggunaan
non komersial. Tidak ada watermark diciptakan selama output, membuat versi
mahasiswa Maya cocok untuk pembuatan portofolio. Namun, file yang disimpan
dengan versi ini diakui oleh semua versi Maya sebagai file yang dibuat oleh
versi mahasiswa.
Ø KOMPONEN
Sejak konsolidasi dari dua paket yang berbeda, Maya dan versi
selanjutnya telah berisi semua fitur yang sekarang telah unlimited suite, fitur
fiturnya antara lain sebagi berikut :
- Fluid
Effects
Ditamabahkan ke dalam Maya 4.5 yauitu sebuah simulator
cairan yang realistis yag efektif untuk pembuatan asap, api, awan dan
ledakan
- Clasisic
Clot
Simulasi kain untuk secara otomatis mensimulasikan pakaian dan
kain bergerak realistis melalui karakter animasi. Toolset Kain Maya telah
ditingkatkan di setiap versi Maya dirilis setelah Spider-Man 2. Alias bekerja
dengan Sony Pictures ImageWorks untuk mendapatkan Kain Maya sampai dengan awal
untuk produksi itu, dan semua perubahan yang telah dilaksanakan, meskipun
studio besar memilih untuk menggunakan plugin pihak ketiga seperti Syflex.
- Fur
Hewan yang mirip dengan rambut di simulasikan oleh Maya. Hal ini
dapat digunakan untuk mensimulasikan lainnya bulu-seperti objek, seperti rumput
- nHair
Sebuah simulator untuk realistis tampak rambut manusia yang
diimplementasikan dengan menggunakan kurva dan Efek Cat. Ini juga dikenal
sebagai kurva dinamis.
- Maya
Live
Satu set alat pelacakan gerak untuk CG cocok untuk membersihkan
plate footage.
- nCloth
Ditambahkan dalam versi 8,5, nCloth adalah implementasi pertama
dari Inti Maya, kerangka simulasi Autodesk. Ini memberikan kontrol artis lanjut
dari kain dan simulasi materi.
- nParticiple
Ditambahkan dalam versi 2009, nParticle merupakan addendum
toolset Inti Maya. ini adalah untuk mensimulasikan berbagai efek 3D yang
kompleks, termasuk cairan, asap awan, semprot, dan debu.
- MatchMover
Ditambahkan ke Maya 2010, hal ini memungkinkan composite elemen
CGI dengan data gerakan dari urutan video dan film.
- Composite
Ditambahkan ke Maya 2010, ini sebelumnya dijual sebagai Autodesk
Toxik.
- Camera
Sequencer
Ditambahkan ke Maya 2011, Sequencer Kamera digunakan untuk
gambar tata letak kamera ganda dan mengatur mereka dalam satu urutan animasi.
Ø KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
·
KELEBIHAN
Maya 3D memiliki kemampuan untuk kerajinan objek 3-D kustom dan
memungkinkan pengguna untuk secara bebas dan mudah memanipulasi masing-masing
titik individu yang memungkinkan untuk rasa kontrol dan fleksibilitas. Maya 3D
memiliki kemampuan yang baik untuk kerajinan karya-karya seni visual jika
digunakan dengan benar. Ini memiliki kekuatan besar dalam menyediakan
pengaturan pencahayaan dan tekstur alat untuk membantu membuat objek terlihat
lebih realistis.
·
KEKURANGAN
Meskipun Maya 3D adalah sebuah alat yang sempurna untuk
kerajinan karya seni visual yang indah masih mengandung beberapa kelemahan yang
Anda harus sadar. 3D Maya tidak berisi fitur Bi-PED seperti 3ds Max, yang
berarti bahwa untuk menciptakan struktur rangka untuk karakter pengguna banyak
membangun satu set “tulang,” banyak seperti membangun kerangka dari bawah ke
atas. Hal ini dapat memakan waktu untuk melakukannya, terutama jika Anda
membuat kelompok besar karakter untuk film atau video game. Juga, antarmuka
untuk Maya 3D belum tentu sesuatu yang baik untuk pemula dan mungkin
membingungkan beberapa pengguna pertama kali.
2.
3D Studio Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah
sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh
Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and
Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS,
tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi
terakhir Autodesk,Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah
7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini
telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.3ds Max adalah salah satu paket
perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan
seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba
bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Kegunaan 3D Studio Max
Digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun
finishing object, baik untuk keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan
exterior, 3D building design), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan
pembuatan obyek tiga dimensi.
Ø
Kelebihan 3D Studio Max
·
Mampu membuat objek
Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
·
Mampu memberikan kesan
material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah.
·
Mampu memberikan
efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek
atmosfir seperti api, kabut dan lighting.
·
Dapat menjalankan
proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur
proses animasinya.
Ø
Kekurangan 3D Studio Max
3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat
karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa harus
dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya
visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih
membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera.
Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta
jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.
3. Blender
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan
untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada beberapa kelebihan yang
dimiliki Blender dibandingkan software sejenis.
Ø
Kelebihan Blender
Blender merupakan
salah satu program “Modeling 3D dan Animation”, tapi Blender mempunyai.kelebihan
sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Kelebihan yang dimiliki Blender
adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena
Blender sudah memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai
bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.Blender
menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan
pada,berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X. Saat ini ini
Blender sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi 2.49 yang lebih
ditujukan untuk pembuat game. Karena Versi ini memiliki fitur-fitur baru yang
dirancang untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi
sebelumnya.
Ø
Blender 2.49 memiliki
fitur baru seperti :
* Video Texture
* Real-time GLSL Material
* Game Logic
* Bullet SoftBody
* Python Editor
* Multilayer Textures
* Physics
* Render Baking dan Normal Mapping dan masih banyak yang lainnya.
* Composite Adalah tempat menambahkan efek visual seperti pada gamabar.
* Video Texture
* Real-time GLSL Material
* Game Logic
* Bullet SoftBody
* Python Editor
* Multilayer Textures
* Physics
* Render Baking dan Normal Mapping dan masih banyak yang lainnya.
* Composite Adalah tempat menambahkan efek visual seperti pada gamabar.
Untuk membuat game di Blender anda tidak perlu mengusai secara
detail tentang pemograman, jika anda hanya ingin membuat game sederhana anda
cukup mempelajari tool-tool yang disediakan oleh blender tanpa harus
menggunakan “script” sedikitpun.
Ø
Kerugian memakai Blender:
Adapun kekurangan pada Blender, untuk penguasaannya sangat
membuntuhkan waktu lama karena memang agak sulit dipahami terutama pada GUI
nya.
Sumber :
http://dwiadywijaya.blogspot.sg/
Sumber :
http://dwiadywijaya.blogspot.sg/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar